Minggu, 24 Mei 2015

Wisata Situbondo yang Rame Dikunjungi


Tempat Wisata Situbondo - Tempat Wisata Situbondo begitu lengkap, anda dapat mengunjungi banyak pantai, air terjun, industri kerajinan rakyat, situs bersejarah, dan juga aneka budaya kesenian. Wisata Situbondo sayangnya kurang digali dalam dan kurang dipromosikan oleh beberapa pihak setempat, sehingga kalah tersohor dengan Wisata Banyuwangi saat ini.
Nah, berikut ini 3 tempat wisata situbondo paling ramai dikunjungi oleh warga sekitar maupun warga di luar kota.






1. Pantai Pasir Putih
Pantai Pasir Putih berlokasi di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, dikenal karena memiliki hamparan pasir yang putih. Tak hanya itu, morfologi di pantai ini pun terbilang unik. Topografinya yang berbentuk melengkung menghadap ke laut dengan latar belakang hutan yang membentuk gugusan panorama sangat indah.
Pasir Putih adalah salah satu tujuan wisata pantai andalan bagi Provinsi Jawa Timur. Hal ini dikarenakan letaknya yang sangat strategis, yaitu di pinggiran jalan utama Surabaya-Banyuwangi. Para wisatawan asing yang ingin menuju ke Bali (dari Surabaya), atau menuju ke Gunung Bromo (dari Banyuwangi), biasanya berhenti sejenak untuk beristirahat dan menyaksikan keindahan panorama yang disuguhkan pantai ini.
2. Taman Nasional Baluran
Taman Nasional Baluran berlokasi di Ujung Timur Kabupaten Situbondo masuk dalam wilayah Kecamatan Banyuputih. Tempat wisata ini sangat mudah dicapai mengingat letaknya yang berada tepat dipinggirJalan Raya menuju Bantyuwangi. Gugusan tepi pantai dari sisi timur hingga ke sisi utara membentang menjadi batas kawasan Taman Nasional Baluran.
Taman Nasional ini adalah konservasi suaka flora & fauna. Para wisatawan bisa menikmati padang rumput dan hutan, dimana didiami oleh sejumlah hewan yang dilindungi, seperti Banteng, rusa, kerbau liar, dan Merak. Biasanya hewan tersebut marak dikunjungi oleh para wisatawan pada: Juli-Oktober (musim kawin Banteng ), Juli-Agustus (Musim Kawin Rusa ), dan Oktober-Desember ( musim kawin Merak).
3. Puncak Rengganis (Gunung Argopuro)
Gunung Argopuro memiliki ketinggian sekitar 3.088 meter. Merupakan bekas Gunung Berapi yang sudah tidak aktif. Gunung ini termasuk dari bagian pegunungan Iyang. Ada beberapa puncak yang dimiliki oleh gunung ini, puncak yang paling terkenal bernama Puncak Rengganis. Dipuncak ini berada tanda situs Rengganis berupa teras-teras berundak yang terdiri dari 3 kompleks kepurbakalaan dengan 5 bekas bangunan. Konon, menurut legenda bangunan ini merupakan bekas kerajaan Dewi Rengganis.
Well, itulah 3 tempat wisata Situbondo yang paling ramai dikunjungi. Bagaimana Anda penasaran? Yuk, segera planning weekend Anda untuk mengunjungi tempat wisata situbondo tersebut. Selain Situbondo, Probolinggo yang merupakan tentangga kabupaten juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah menarik loh. 

0 komentar:

Posting Komentar